admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Yuk Cari Tahu Tentang Knalpot Motor!

Knalpot adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan. Pada umumnya, knalpot terdiri dari tiga bagian. Pertama yaitu header, ujung yang menempel di mesin. Header ini menempel pada midpipe atau sering disebut dengan leher knalpot. Terakhir adalah muffler yaitu bagian yang bisa memberikan suara khas. 

Ada dua jenis knalpot yang sering beredar dipasaran diantaranya jenis Slip-on dan Full System.  Pada jenis knalpot Slip On, sistem hanya terdiri dari muffler saja. Hanya beberapa jenis motor yang dapat menggunakan knalpot jenis ini, salah satunya Kawasaki Ninja 250. Motor lain bisa menggunakan knalpot dengan jenis ini, namun harus dimodifikasi pada bagian midpipe terlebih dahulu. Sedangkan pada jenis knalpot Full system,  terdapat semua bagian knalpot. Sehingga harga jual cenderung lebih mahal. 

Tidak hanya untuk mengeluarkan pembakaran dari dalam mesin dan mengeluarkan suara lalu apa fungsi utama knalpot ya? Dikutip dari oto.detik.com knalpot memiliki fungsi utama lainnya. Yuk simak informasinya dibawah ini:

Mengurangi suara mesin

Dalam mesin motor, terjadi suatu proses pembakaran jika sedang digunakan. Knalpot memiliki fungsi utama yaitu untuk meredam atau mengurangi suara dari mesin. Jika suara pada mesin berkurang, maka pengendara akan lebih nyaman dan berkonsentrasi saat menggunakan motor. Dan sebaliknya, jika tidak ada knalpot bisa dipastikan suara mesin akan menjadi keras yang mengakibatkan pengendara sulit berkonsentrasi. Oleh sebab itu, knalpot menjadi komponen penting dalam motor.

Mengontrol polusi

Knalpot memiliki fungsi mengontrol atau mengurangi jumlah polusi yang dikeluarkan dari sisa pembakaran mesin. Adanya teknologi catalityc converter pada knalpot berfungsi mengonversi karbon yang keluar sehingga membantu mengurangi polusi.

Menambah tenaga mesin

Fungsi utama knalpot yang jarang diketahui adalah membantu menambah tenaga mesin kendaraan. Maka tidak jarang kita temui ada berbagai knalpot dengan desain dan bahan tertentu yang kerap kali digunakan pengendara motor racing. Karena dengan perhitungan yang tepat, knalpot dapat membantu menambah tenaga mesin yang diinginkan pengendara.

Setelah mengetahui fungsi utama knalpot motor, pertanyaannya berikutnya adalah lalu bagaimana cara merawat knalpot motor?

Jawabannya sederhana, yaitu dengan menyemprotkan air bersih jika motor telah melewati genangan air atau terkena air hujan. Ini dikarenakan performa knalpot akan berkurang jika knalpot mengalami keropos hingga kerak. Sehingga akan dipastikan kerak pada knalpot akan muncul jika pengguna jarang atau bahkan malas merawat area knalpot.

Namun demikian, Sobat Enduro tetap dapat membersihkan kerak pada knalpot loh. Caranya adalah dengan melakukan penyikatan pada knalpot. Penyikatan dilakukan saat knalpot dalam kondisi dingin, sehingga tangan tidak melepuh terkena panas knalpot saat melakukan penyikatan. Jika masih terdapat kerak yang melekat, maka dapat digunakan oli dalam pembersihannya.

Nah sekarang Sobat Enduro sudah tahu kan mengenai knalpot motor? Yuk berikan komentar kalian tentang knalpot motor.

(PU) 

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET