Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636
[PERTAMINA WISSEL 100, PELUMAS KHUSUS BAGI BANTALAN REL KERETA API]

Wissel 100

Apakah Sobat Enduro pernah memperhatikan bagaimana kereta api melaju? Jika diperhatikan seksama, pasti sangat berbeda ya dengan kendaraan bermotor. Karena roda kereta menggunakan besi dan memiliki jalur relnya sendiri.

Tapi tahukah Sobat Enduro bahwa ternyata kereta api juga butuh oli loh. Oli seperti apa ya kira-kira? Apakah sama dengan oli motor?

Yuk kenalan dengan Pertamina Wissel 100, Pelumas Khusus Bagi Bantalan Rel Kereta Api. Pertamina Wissel 100 diperuntukkan khusus bagi bantalan rel kereta api ini berfungsi untuk mengurangi gesekan ketika proses perpindahan wesel rel kereta api.

Dilansir dari Facebook resmi Pertamina Lubricants, Wissel 100 memiliki 3 fungsi utama yaitu:

  • Pelumas bantalan rel kereta api yang diformulasikan dari base oil parafinik dan aditif pilihan.
  • Mengurangi gesekan saat proses perpindahan rel kereta api.
  • Direkomendasikan bagi wesel atau bantalan rel kereta api di stasiun maupun perlintasan dengan beban kerja ringan.

Nah sekarang Sobat Enduro sudah tahukan bahwa Pertamina Lubricants selain menghadirkan pelumas berkualitas untuk kendaraan dan mesin industri, juga menyediakan pelumas khusus untuk produk specialties, lho!

Pertamina Lubricants merupakan penyedia pelumas industri terbesar di Indonesia dengan kualitas berkelas dunia yang didukung dengan pelayanan purna jual yang lengkap meliputi layanan teknis (technical assistance), stock management, in-house training pelumas untuk mesin industri di ILMA (Integrated Lubricant Management Academy), Oil Monitoring System di Oil Clinic, Industrial Problem Solving, Lube Recomendation Charts, dan engineer khusus yang dapat terjun langsung dalam pengecekan oli secara berkala.

Mengutip laman resmi PT. Pertamina, pada 2014 sendiri hampir 100% persen dari keseluruhan kebutuhan pelumas PT Kereta Api Indonesia disuplai oleh Pertamina atau dengan volume sekitar 550.000 liter per tahun. Kerja sama ini merupakan sinergi antar BUMN sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian dalam negeri terutama Sumatera Selatan.

Produk-produk pelumas yang disuplai oleh Pertamina untuk PT Kereta Api Indonesia mencakup delapan produk  pelumas, yaitu Diloka 448X SAE 40, Turalik 52, Turalik 48, Turalik 43, Meditran S 40, Grease Ptm XNL 3, Grease Super EPX 2, Pertamina ATF. Produk Pelumas Pertamina tersebut digunakan di semua unit Lokomotif PT KAI.

Di samping PT Kereta Api Indonesia, beberapa industri besar di Sumatera Selatan juga menjadi pelanggan pelumas industri Pertamina, di antaranya PT. Batubara Bukit Asam, PT.PLN, PT PUSRI, PT. Semen Baturaja, PT. Medco E&P dll

Ternyata banyak sekali jenis Pelumas yang digunakan untuk Kereta Api ya Sobat Enduro. Inilah yang menjadikan Pertamina Lubricants terus menjadi produk terdepan di Indonesia, karena memiliki banyak spesialis produk yang tentunya bukan hanya pelumas kendaraan bermotor saja.

(PU)

Leave a Reply