admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Tips Tetap Semangat Belajar Online

Pada tahun 2020, pandemi COVID-19 menyebabkan sebagian besar pembelajaran dilakukan secara daring/online. Kondisi tersebut terus berlangsung hingga memasuki tahun 2021.

Lebih dari 10 bulan menjalani pembelajaran online, Sobat Enduro mungkin mulai merasa jenuh. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga semangat dalam pembelajaran online :

  1. Siapkan tempat belajar yang nyaman
    Belajar di atas kasur memang terasa nyaman, namun besar kemungkinan menimbulkan rasa kantuk. Oleh sebab itu, Sobat Enduro disarankan untuk belajar sambil duduk. Dengan belajar sambil duduk, proses belajar akan terasa seperti belajar di sekolah.
    Beberapa hal yang perlu disiapkan di meja belajar yaitu laptop atau handphone, buku catatan, dan alat tulis. Buku dan alat tulis bisa digunakan untuk mencatat poin penting dari materi yang disampaikan pada saat pembelajaran. Dengan mencatat, Sobat Enduro akan menjadi lebih fokus sehingga ilmu yang diterima akan lebih maksimal.

  2. Tetapkan agenda belajar
    Memaksimalkan belajar online dapat dimulai dengan membuat agenda belajar. Buatlah agenda yang berisikan jadwal dan target yang ingin dicapai. Agenda dapat dibuat penuh warna atau menggunakan ilustrasi agar lebih menarik. Jadwal ini akan menjadi pedoman dalam memulai aktivitas belajar.

  3. Jauhkan gangguan
    Belajar online memiliki lebih banyak gangguan daripada belajar di sekolah. Salah satu gangguan terbesar yaitu notifikasi dari handphone. Untuk memperoleh ketenangan dalam belajar, Sobat Enduro dapat menjauhkan handphone atau mematikan notifikasi dari akun-akun media sosial.

  4. Istirahat cukup
    Belajar online memaksa kita menjadi lebih sering melihat layar, baik itu layar laptop maupun handphone. Mata yang terus menerus digunakan menatap layar akan menjadi lebih cepat lelah. Ketika mata lelah, semangat belajar akan menurun. Untuk itu, istirahat yang cukup sangat perlu agar kesehatan dan semangat tetap terjaga. Selain tidur, istirahat dapat dilakukan dengan memejamkan mata 15-30 detik setelah satu jam menatap layar.

(AN)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET