admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Tips Menyimpan dan Menyalakan Motor Yang Lama Disimpan

Pernahkah Sobat Enduro menyimpan motor terlalu lama dan tidak sempat dipanaskan? Misalnya saat ditinggal beberapa hari keluar kota, atau karena jarang keluar rumah menggunakan motor, dsb. Sebelum mengetahui bagaimana cara menyalakan motor, ada baiknya Sobat Enduro memperhatikan apakah Sobat Enduro telah menyimpan motor dengan benar atau belum. Karena menyimpan motor dengan tidak benar akan mempengaruhi saat motor akan dinyalakan. Langkah awal yang harus diperhatikan pengendara saat menyimpan motor yang akan tidak dipakai dengan waktu yang lama mengutip oto.detik.com diantaranya:

          Isi Bensin dengan penuh. Mengisi bensin dengan penuh bertujuan agar tidak terjadinya karat pada dinding tangki bensin.

          Ganti oli. Mengganti oli diperlukan untuk memastikan bahwa kondisi mesin agar saat ditinggal tidak mengalami kerusakan

          Pastikan ban tidak menempel dengan lantai. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya perubahan bentuk ban. Agar ban tidak menempel pada lantai, bisa dengan menggunakan standar 2 pada motor, menaruh alas pada roda motor, atau mengubah posisi roda motor setiap beberapa jam sekali.

          Lepaskan aki. Terakhir, lepaskan aki pada motor agar mencegah aki menjadi soak. Karena selama motor didiamkan, aliran listrik pada aki akan tetap berjalan.

Setelah memperhatikan cara penyimpanan motor dengan baik, lalu apa yang harus dilakukan jika motor sulit dinyalakan? Sudah mencoba berkali-kali, namun tetap saja tidak menyala. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Simak informasi berikut selengkapnya.

          Memutar kunci ON-OFF beberapa kali. Untuk motor yang tidak memiliki kick start putarlah kunci ON-OFF 3-4 kali baru dinyalakan. Hal ini dilakukan untuk meringankan beban aki.

          Gunakan kick starter. Untuk motor yang memiliki 3-4 kali dalam kondisi kunci OFF agar beban kerja dinamo starter dan aki berkurang. Karena bahan bakar akan lebih cepat turun ke karburator. Jika masih belum menyala, cobala gunakan kick starter hingga 15 kali agar oli mulai bersirkulasi.

          Nyalakan mesin dengan Choke terbuka maksimal. Posisi choke biasa terdapat di bagian kiri stang. Namun ada juga yang terdapat di dekat karburator. Choke berbentuk tuas, tekan tuas tersebut untuk membuka choke. Lalu gunakan kick starter untuk menyalakan mesin. Jika mesin sudah menyala, naikan lagi tuas Choke agar tertutup kembali.

          Perhatikan Aki. Jika semua langkah telah dilakukan namun motor tetap tidak bisa bernyala, maka periksa aki. Untuk memperbaiki aki yang ternyata soak, bisa dibawa ke bengkel terdekat.

Begitu kira-kira yang bisa kita lakukan dalam menyimpan dan menyalakan motor yang ditinggal lama. Sobat Enduro pernah mengalami kejadian susah menyalakan motor? Yuk ceritakan pengalamanmu di kolom komentar.

 

(PU)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET