admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Tika: Penggemar Sekaligus Pebisnis Merchandise Korea Bagian II

Setelah mengetahui kisah Tika dari awal mengenal Kpop hingga memulai bisnisnya di artikel sebelumnya, pada artikel kali ini Tika akan membagikan berbagai pengalaman yang dimilikinya selama terjun di dunia bisnis. Yuk simak informasi selengkapnya:

Rasa bahagia yang dimiliki setelah berbisnis

Tika menjelaskan kisah yang berkesan selama memiliki bisnis dirasakannya sesederhana ketika pembeli sudah menerima barang. Ia mengaku merasa senang ketika melihat pembeli memberikan penilaian produk di shopee maupun memberi testimoni di grup whatsapp. Ia juga merasa ikut bahagia ketika pembeli membeli album sealed, dan saat mereka unboxing mendapat photocard bias (idola) mereka sendiri. 

Keuntungan bisnis yang Tika miliki juga dirasa sangat banyak sekali. Tika mengakui bahwa orang tuanya kini tidak perlu memberikan uang saku kepadanya, karena ia sudah dianggap mampu. “Sejak saya berbisnis online shop dari non kpop stuff tersebut, orang tua saya sudah tidak memberikan uang saku kepada saya lagi yang artinya saya mampu meringankan beban orang tua. Selain itu, saya sendiri bisa membeli apapun yang saya mau, membeli makanan buat orang rumah, membelikan pakaian saat lebaran buat keluarga, dan masih banyak lagi menggunakan uang sendiri tanpa harus meminta” jelas Tika.

Tidak jauh dari Scammer

Tika mengakui sering mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini dikarenakan memang harga merch kpop terbilang tidak murah, sehingga Tika perlu mempromosikannya lebih untuk menarik para pembeli. Untuk cara mengatasinya sendiri, ia rutin mempromosikan produk yang sedang dijual tersebut di platform online mana saja, WA, Twitter, Instagram, dll. Dunia per-Kpopan diceritakan oleh Tika juga tidak jauh dari kata Scammer. Yang mana banyak sekali seller penipu. Ia mengaku pernah beberapa kali menjadi korban. 

“Saya sendiri pernah beberapa kali menjadi korban, yang artinya saya harus mencari ganti dengan me-refund atau membelikan produk yang sama di tempat lain untuk diberikan ke customers. Untuk cara mengatasinya sendiri saya lebih giat dalam berjualan agar ketika ada kejadian seperti ini lagi saya memiliki uang untuk menggantinya, dan saya juga menjadi lebih hati hati ketika akan membeli merch kpop tersebut untuk menghindari kejadian yang seperti itu lagi.” Ungkap Tika.

Jangan takut mencoba hal baru.

Mengakhiri kisahnya, Tika berpesan kepada Sobat Enduro. “Pesan buat teman teman yang belum, ingin, atau sedang berbisnis di usia muda jangan takut buat mencoba hal baru, resiko pasti ada, tapi dengan kita mencoba hal baru tersebut selain mendapatkan pengalaman baru, kita juga mendapatkan pelajaran hidup baik buruknya, susah gampang nya dalam mencari uang. Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. Semangat buat semuanya yang ingin atau bahkan sedang mencoba hal baru ini.” Pungkas Tika.

Wah kisah yang sangat menarik bukan, nah kalau Tika mengidolakan artis Korea bisa berbisnis pernak-pernik ke-Korean kalau kamu ingin berbisnis apa Sobat Enduro? 

(PU)

 

Sosial Media:

  • Instagram.com/ikonics.store
  • Shopee: ikonics.store_
  • Wa 085868101148

1 comment

    […] Ingin tau kisah bisnis Tika selengkapnya? yuk ke halaman berikut ini.  […]

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET