admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Sudahkah Mengenal Spesifikasi Pelumas untuk Motor Matic?

Sobat Enduro, perbedaan jenis transmisi sepeda motor dapat menciptakan karakteristik berkendara yang berbeda, begitu pula perawatannya. Sepeda motor bertransmisi matic memerlukan jenis pelumas yang berbeda dari motor yang bertransmisi manual seperti motor berkopling. Spesifikasi tertentu harus terpenuhi oleh suatu pelumas agar aman untuk digunakan pada mesin motor matic. Spesifikasi pelumas untuk  motor matic apa saja? 

Sertifikasi JASO MB

Mayoritas motor matic menggunakan transmisi berjenis Continuously Variable Transmission (CVT) dengan tipe kopling kering. Oleh karena itulah pelumas yang digunakan pada motor matic berbeda dengan motor bebek yang menggunakan tipe kopling basah.

Mengacu pada JASO (Japanese Automotive Standard Association), lembaga yang melakukan pengujian kualitas pelumas untuk kendaraan pabrikan Jepang, bahwa pelumas harus bersertifikasi JASO MB untuk dapat digunakan di motor matic. Sertifikasi JASO MB diperuntukkan untuk kendaraan berjenis kopling kering seperti pada motor matic umumnya.

Pelumas yang teruji melalui JASO MB memberikan kinerja gesekan sesuai yang dibutuhkan dengan kandungan Friction Modifier untuk menghemat bahan bakar. Pelumas MB dapat menyebabkan selip pada kopling sepeda motor sehingga hanya boleh digunakan pada skuter atau motor matic.

Tingkat Kekentalan Lebih Tinggi

Sepeda motor matic beroperasi dalam kondisi yang intens, terutama ketika digunakan untuk melaju cepat. Penggunaan transmisi CVT membuat motor matic terus menerus berada di putaran mesin yang tinggi ketika digunakan untuk melaju di kecepatan tinggi. Hal tersebut memicu tekanan dan panas mesin yang lebih tinggi dibandingkan motor jenis lainnya.  Dengan kondisi seperti itu, mesin motor matic membutuhkan pelumas dengan tingkat kekentalan (viskositas) yang tinggi sehingga memberikan perlindungan yang kuat. 

Tingkat kekentalan pelumas ditunjukkan oleh sistem grading SAE (Society of Automotive Engineering). Pada umumnya, pabrikan motor di Indonesia membekali motor matic buatannya dengan pelumas dengan grade SAE berkisar dari 10W-30 hingga 20W-40. Makin besar angka yang tertera maka makin tinggi pula kekentalan pelumas tersebut.

Salah satu pelumas khusus yang dibuat untuk kendaraan matic yaitu Enduro Matic-G. Dengan spesifikasi SAE 20W-40 JASO MB, memiliki ketahanan tinggi terhadap oksidasi dan degradasi akibat radiasi panas dari mesin serta memiliki kestabilan viskositas tinggi yang dapat melindungi mesin sepanjang pemakaian. Lebih jauh mengenal pemakaian pelumas, mari melanjutkan ke artikel https://endurohomeservice.com/cara-memilih-oli/

(AN)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET