admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Sosok Erni dan Ayu, Anak Muda yang Melihat Peluang Usaha di Bidang Otomotif

Calon entrepreneur harus dapat melihat peluang usaha dalam kehidupan sehari-hari. Bagi sobat entrepreneur yang memiliki passion di bidang otomotif, peluang yang ada cukup tinggi.

Pasarnya sangat luas
Jumlah pemilik kendaraan bermotor di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya. Baik di daerah perkotaan maupun desa terpencil, masyarakat berlomba memiliki mobil dan motor. Kendaraan bermotor saat ini sudah tidak hanya dianggap sebagai alat transportasi, namun sudah menjadi bagian dari gaya hidup (lifestyle). Masyarakat menjadikan kendaraan untuk menunjukkan status sosialnya.

Masyarakat membutuhkan bengkel dan jasanya
Keadaan di mana masyarakat memiliki kendaraan bermotor menuntun mereka pada kebutuhan akan bengkel dan jasa-jasanya. Seluruh lapisan masyarakat, baik kalangan masyarakat atas dan juga menengah ke bawah membutuhkan perawatan dan juga jasa servis dikarenakan semua masyarakat sudah pasti memiliki kendaraan bermotor.

Kebutuhan terkait kendaraan tidak hanya jasa perawatan, penyediaan spare part hingga jasa modifikasi adalah kebutuhan otomotif yang tentunya dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak sedikit pemilik kendaraan yang memiliki hobi untuk memodifikasi mobil sesuai dengan keinginannya, dan ini tentunya dapat menjadi peluang usaha baru.

Ide bisnis otomotif
Ada banyak sekali ide bisnis di bidang otomotif, tinggal bagaimana kita mengembangkannya agar menjadi sesuatu yang unik dan memiliki nilai jual. Beberapa ide bisnis otomotif antara lain bengkel servis motor dan mobil, jasa montir panggilan, bengkel cat motor/mobil, bengkel audio mobil, jasa pemasangan/servis AC mobil, distributor spare part, jualan asesoris dan perlengkapan bikers.

Dua anak muda yang menginspirasi menggeluti bisnis otomotif adalah Erni Dwi Ana (alumni SMK Negeri 2 Cilacap) dan Dwi Wahyuni Agustin (Ayu). Erni memiliki bengkel “Payau Motor” lokasi di Jalan Darusman, atau dekat dengan wisata Hutan Payau. Erni bekerjasama dengan paman mengelola bisnis bengkel sejak tahun 2018. Sementara Ayu mendirikan bengkel Dombret Motor terletak di Jalan Timah Cilacap.

Selama 4 bulan  Erni dan Ayu mengikuti pelatihan Enduro Student dari Pertamina Lubricants, selanjutnya merintis usaha bengkelnya Erni dan Ayu berkesempatan memberikan sharing pengalamannya berwirausaha bersama dengan dukungan dari Pertamina Lubricants. Mulai tahun 2017 hingga kini, Pertamina Lubricants mendampingi Erni dan Ayu untuk terus mewujudkan cita-citanya menjadi wirausaha mulai dari modal kerja, pelatihan, dan meluaskan jejaring pasarnya.

(AN)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET