admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Semangat Pertamina Lubricants Mengedukasi Guru dan Siswa SMK

Pertamina Lubricants melaksanakan salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan berupa edukasi bagi para guru dan siswa SMK. Tahun 2019 terlaksana kegiatan bertajuk “Mengenal Industri, Teknologi, dan Produk Pelumas Pertamina” ini dilaksanakan di 8 (delapan) SMK di Gresik, Boyolali, dan Cilacap.

Antusiasme peserta terlihat saat materi disampaikan oleh Syaiful Irfhany dan Rizal Ramadan dari ILMA (Integrated Lubricants Management Academy). Melalui penyampaian interaktif, pemateri memaparkan seluk-beluk pelumas. Peserta menerima materi sifat-sifat fisik Pelumas secara umum, klasifikasi pelumas, apa saja jenis pelumas Pertamina, bagaimana performance level tiap pelumas, informasi detil keterangan yang dicantumkan dalam kemasan pelumas dan bagaimana tips memilih pelumas sesuai dengan kendaraan.

Selama sepekan, tim CSR dan ILMA mengedukasi ke SMK Islam Qon Gresik, SMK Semen Gresik, SMK Muhammadiyah 4 Boyolali. Berlanjut menuju SMK unggulan di Kabupaten Cilacap yakni SMK Maarif Kroya, SMK Dr. Soetomo Cilacap, SMK Tamtama 2 Sidareja, SMK Negeri Karangpucung, dan SMK N 1 Wanareja.

“Teknologi pelumas mengikuti teknologi otomotif yang sedang berkembang. Siswa SMK khususnya jurusan Otomotif tentu harus mengetahuinya. Melalui kegiatan ini, kami memperkenalkan pula kualitas produk Pelumas Pertamina yang memenuhi standar mutu internasional,” tutur Syaiful Irfhany. Setelah penyampaian materi, para siswa antusias dalam sesi tanya jawab. Tak lupa, peserta diajak mengakses drlube.pertaminalubricants.com sebagai cara cepat mengetahui pelumas yang cocok untuk kendaraan mereka.

 

Kepala SMK Tamtama 2 Sidareja, Riswanto, MM dalam sambutannya menyatakan bahwa siswa SMK sangat membutuhkan ilmu langsung dari para praktisi, terutama pelaku industri. Sementara itu, Hendarto, Kepala SMK Negeri Wanareja mengungkapkan bahwa seminar yang dilaksanakan oleh Pertamina tak hanya memberikan materi kepelumasan, tetapi memberikan motivasi dan semangat bagi siswa untuk belajar giat. Kemudian, Waluyo Sugito, Ketua Jurusan Otomotif SMK Maarif 1 Kroya mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut perlu diadakan kembali ke sekolah-sekolah lainnya.

Pertamina Lubricants sebagai perusahaan yang melaksanakan program tanggung jawab sosial memiliki kepedulian terhadap peningkatan edukasi. Upaya Pertamina Lubricants dalam program ini diantaranya Training Pembekalan Guru dan siswa tentang Industri dan Produk Pelumas, sharing knowledge, dukungan modal kerja untuk bengkel sekolah, membangkitkan kembali unit produksi yang vakum, dan program Enduro Home Service sebagai program baru untuk membangun kemandirian atau entrepreneurship siswa.

Program ini telah menciptakan kemitraan strategis antara perusahaan dan sekolah. Ke depan, perusahaan terus mendukung dan berkontribusi sehingga mampu memberikan dampak positif bersama, khususnya bagi dunia pendidikan dan industri di Indonesia.

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET