admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636
Self-Service kini ada di SPBU Indonesia?

Self-Service kini ada di SPBU Indonesia?

Self Service atau melayani sendiri saat pengisian bahan bakar kendaraan secara mandiri sering kita jumpai di film-film. Proses pelayanan bahan bakar seperti ini sangat langka kita temui di Indonesia.

Hingga pada April 2021, Pertamina melakukan inovasi bertahap yaitu memberikan layanan self-service & cashless di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), salah satunya yaitu di SPBU COCO Fatmawati 31.124.02 Jakarta Selatan. Kini masyarakat Indonesia tidak perlu lagi membayangkan rasanya Self Service pengisian bahan bakar layaknya di layar kaca.

Apa itu Self-Service?

Self-service merupakan upaya Pertamina dengan memberikan akses dan transparansi ke customer. Adanya layanan self service, konsumen bisa yakin dengan jumlah takaran tanpa khawatir adanya rekayasa atau keraguan lain. Selain itu, layanan cashless diharapkan dapat memudahkan masyarakat sehingga tidak diharuskan bertransaksi menggunakan uang tunai. Penggunaan e-payment semakin tinggi, terutama millennial, sehingga diharapkan masyarakat non milenial juga tidak ketinggalan dan beradaptasi dengan hal ini.

Potensi saat ini

Seiring berjalannya keberhasilan Pemerintah dalam penanganan Covid-19 saat ini, aktivitas masyarakat mulai kembali normal. Hal ini berpengaruh langsung pada peningkatan kegiatan perekonomian yang tercermin pada laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan pertumbuhan perekonomian di semester 1 tahun 2021 sekitar 3.1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Bahkan, pada Q3 2021, diprediksi pertumbuhan ekonomi berada di rentang 4%-5% year-on-year.

Peningkatan aktivitas masyarakat kini mulai memasuki normal kembali, yang tercermin dalam peningkatan konsumsi BBM sektor retail Pertamina tercatat secara nasional pada kuartal 3 (Q3) tahun 2021 telah mencapai 34 juta kilo liter (KL), dengan adanya peningkatan hingga 6% dibandingkan Q3 tahun 2020. BBM gasoline (bensin), mengalami peningkatan sekitar 4%, sedangkan untuk gasoil (diesel), bahkan mencapai 10%.

Diharapkan melalui peningkatan pelayanan SPBU, transaksi cashless naik menjadi 60 persen dari sebelumnya yaitu 25 persen. Potensi pendapatan meningkat dari 2,7 triliun menjadi 6,5 triliun dalam kurun waktu 12 bulan di 180 SPBU.  Adanya program self-service dan Cashless di SPBU Fatmawati ini menjadi momen yang spesial karena meski sempat diterapkan layanan self-service dan cashless belum dilakukan secara penuh.

Pertamina Patra Niaga menghimbau masyarakat untuk tidak segan melaporkan ke aparat jika menemukan indikasi penyalahgunaan BBM subsidi di lapangan. Pertamina Patra Niaga akan terus berkoordinasi intens dengan aparat untuk kembali menindak tegas penyimpangan penyaluran Solar yang tidak sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Untuk informasi terkait produk, layanan, dan promo yang berlangsung, masyarakat dapat mengakses website dan media sosial resmi perusahaan, atau dapat langsung menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.**

Kalau Sobat Enduro sudah pernah belum menggunakan self-service di SPBU?

Yuk ceritakan di kolom komentar.

(PU)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET