admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Profil SMK Negeri Nusawungu

Berdiri pada tahun 2005, SMK Negeri Nusawungu adalah sekolah menengah kejuruan yang terletak di Desa Klumprit, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. SMK ini banyak mencetak lulusan dan tenaga kerja di bidang Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Mesin, Teknik Ototronik dan Akuntansi.

Sri Windiarti, S.Pd, M.Pd merupakan Kepala Sekolah SMK Negeri Nusawungu, sekolah ini memiliki visi dan misi sebagai berikut:

Visi :
Terwujudnya Sumber Daya Manusia Yang Beriman, Bertaqwa, Profesional, Dan Berdaya Saing Tinggi

Misi :

  1. Menerapkan Nilai-Nilai Kedisiplinan yang Dilandasi Iman dan Taqwa
  2. Membekali Peserta Didik dengan Kompetensi yang Memadai untuk Memenuhi Tuntutan Pasar Kerja dan/atau Berwirausaha.
  3. Mewujudkan Budaya Profesional sebagai Strategi Membentuk Sumber Daya Manusia yang Profesional
  4. Membentuk Sumber Daya Manusia yang Memiliki Daya Saing Tinggi terhadap Lingkungan Kerja, Masyarakat Dan Perkembangan IPTEK
  5. Melaksanakan 7K Guna Mendukung Lingkungan yang Kondusif

SMK Negeri Nusawungu dengan akreditasi A memiliki 5 kompetensi keahlian. Kelima kompetensi tersebut adalah Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan dan Lembaga, Kompetensi Keahlian Teknik Ototronik Otomotif serta Kompetensi Teknik Pemesinan.

Pembelajaran di SMK Negeri Nusawungu dilaksanakan 70% melalui praktikum/praktek di bengkel, laboratorium, maupun di dunia industri dan 30% melalui pembelajaran teori adaptif normatif yang dilakukan di ruang kelas.

Berbagai kegiatan ekstrakurikuler juga disediakan oleh SMK Negeri Nusawungu untuk mendorong keaktifan siswa. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut meliputi OSIS, Pramuka, Palang Merah Remaja, Pecinta Alam, Bahasa Inggris, Karate, Karya Tulis Ilmiah, Sepak Bola, Robotika dll.

Saat ini SMK Negeri Nusawungu ditunjuk sebagai Sekolah Pencetak Wirausaha, sebuah program pengembangan pembelajaran kewirausahaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada pelaksanaannya, SMK Negeri Nusawungu bersinergi dengan Pertamina Lubricants dalam menciptakan lulusan yang siap berwirausaha.

(AN) 

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET