admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Penyebab dan Cara Mengatasi Indikator Bensin Motor Tidak Berfungsi

Penyebab dan Cara Mengatasi Indikator Bensin Motor Tidak Berfungsi

Indikator bensin merupakan salah satu komponen penting pada motor. Fungsinya tentu untuk memperkirakan jarak kendaraan dapat dipakai kemana, maupun kapan waktu untuk mempersiapkan bahan bakar. Salah satu permasalahan pada indikator bensin yaitu tidak dapat berfungsi baik.

Coba perhatikan pernahkah Sobat Enduro telah mengisi bensin namun jarum indikatornya masih dibawah? Atau Sobat Enduro merasa jarum indikator motor selalu di atas setelah lama tidak mengisi kendaraan?. Mungkin indikator bensin kendaraan Sobat Enduro mengalami permasalahan. Dikutip dari otoasia.com, berikut penyebab kerusakan dan cara mengatasinya:

  1. Kerusakan pada aki

Untuk menggerakan jarum bensin membutuhkan energi yang diperoleh dari sumber listrik pada motor yaitu aki. Hal pertama untuk mengecek apakah aki masih dapat berfungsi yaitu dengan menekan tombol klakson atau tombol starter motor. Jika semuanya tidak berfungsi, dapat dipastikan ada kerusakan pada aki motor. Maka ganti aki motor yang lama dengan aki baru agar arus kelistrikan dapat berjalan sempurna sehingga kinerja motor kembali maksimal.

  1. Pelampung bensin merenggang

Jika tidak ditemukan permasalahan pada aki, kemungkinan lainnya adalah pelampung bensin merenggang. Kita bisa mengecek kondisi pelampung besi dengan membuka peranti besi di sebelah tutup bensin menggunakan obeng plus. Lalu lepas soket kabel yang terhubung ke pelampung, kemudian sambungkan dua soket kabel yang terbuka di dalamnya dengan jumper atau tang skirlip atau penghantar listrik lain. Jika speedometer atau indikator bensin bergerak menjadi full, berarti pelampung bensin bermasalah.

Karena pelampung bensin bekerja dengan mengirim sinyal ke indikator bensin dengan kabel yang terhubung, maka cara mengatasinya yaitu dengan mengikat ataupun menambah cincin. Lebih baik pula jika kita mengganti dengan yang baru.

  1. Jalur kelistrikan terhambat

Kondisi selanjutnya yang dapat membuat indikator bensin tidak berfungsi adalah terhambatnya jalur kelistrikan. Sebab, indikator bensin akan berjalan sempurna jika kabel yang terhubung ke pelampung bensin berjalan dengan normal. Cara pengecekan jalur kabel yang terhambat yaitu dengan menggerakkan jarum tersebut dengan menggunakan alat pengukur arus. Jika ternyata setelah pengecekan ditemukan kabel yang terbakar atau rusak sehingga menghambat jalur listrik maka segera ganti kabel tersebut.

  1. Speedometer rusak

Jika ketiga hal diatas tidak bermasalah, maka kemungkinan terakhir adalah kerusakan speedometer. Tak jarang rusaknya speedometer mengakibatkan indikator bensin ikut rusak. Perbaiki jika masih bisa, namun jika tidak dapat diperbaiki maka ganti speedometer dengan yang baru.

Nah demikian penyebab dan cara mengatasi indikator bensin motor tidak berfungsi, apakah Sobat Enduro punya tips lain untuk mengatasinya? Sampaikan di kolom komentar ya.

(PU)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET