admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Pentingnya Merawat Komponen Rem Motor!

Rem merupakan salah satu komponen penting pada motor. Jika motor tidak bisa digunakan remnya, akan berakibat fatal dan membahayakan keselamatan. Oleh sebab itu merawat komponen rem motor sangat penting diketahui.

Rem Cakram mempunyai keutamaan yaitu untuk melepas daya panas dengan lebih baik dibandingkan dengan rem tromol. Hal ini dikarenakan sifat dari rem cakram yaitu terbuka. Peranti pengereman pada piringan cakram juga membuat rem lebih pakem atau berfungsi lebih baik.

Namun demikian, penggunaan rem cakram perlu memperhatikan perawatan rutin yang dibutuhkan. Yuk simak apa saja yang harus dilakukan untuk merawat rem cakram:

  1. Periksa dan ganti minyak rem secara berkala

Opsi pertama adalah dengan rutin mengganti dan memeriksa minyak rem. Cara ini sangat penting untuk kinerja rem cakram. Fungsi minyak rem sendiri untuk memaksimalkan kinerja rem cakram. Kinerja rem cakram tergantung pada piston di master silinder. Nantinya, saat pengemudi menarik tuas rem, tuas rem utama akan menggerakkan kaliper untuk meraih cakram rem. Kehalusan piston rem tergantung pada pompa hidrolik yang mengeluarkan minyak rem.

Jika oli tersumbat oleh bakteri dan zat lain, atau oli terlalu mengalir, kinerja piston akan buruk. Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara, Sobat Enduro harus memeriksa dan mengganti minyak rem secara berkala. Itu diganti setidaknya setahun sekali, paling banyak setiap dua tahun. Sedangkan jika lebih dari dua tahun, performa pengereman akan menurun dan dapat menyebabkan kecelakaan.

  1. Biasakan Membersihkan Kaliper

Di jalan raya, setiap kali sepeda motor melaju kencang, angin bertiup kencang, sehingga debu dan kotoran terangkat dan menempel pada kampas rem dan piston. Jika hal ini terjadi, kinerja kedua komponen tersebut tidak akan maksimal. Oleh karena itu, disarankan untuk membersihkan kedua kotoran secara menyeluruh.

Kaliper rem dapat dibersihkan sebagai berikut:

  • Mengeluarkan kaliper rem dari peredam kejut dan melepas kabel rem dengan hati-hati.
  • Kemudian lepaskan bantalan rem dan bersihkan permukaannya dengan sikat kawat atau amplas.
  • Setelah selesai, gunakan kompresor udara atau pancaran air bertekanan tinggi untuk menghilangkan sisa kotoran, terutama di area yang sulit dijangkau.
  • Kemudian keringkan sampai tidak ada air yang tersisa.
  • Pasang kembali elemen setelah pengeringan. Namun, perhatikan bahwa seal piston juga perlu diganti untuk menghindari kebocoran oli.
  1. Selalu periksa bahwa Kaliper dalam kondisi baik.

Pastikan Kaliper sepeda motor Anda dalam kondisi baik. Meskipun kemungkinan kerusakan sangat jarang, beberapa faktor dapat menyebabkan goyangan dan kerusakan pada terminal. Jika bergetar dan sedikit bergetar, perangkat yang menggenggam pelat mungkin lebih cepat aus. Ini karena beberapa bagian Kaliper akan terus bergesekan dengan disk. Efeknya cukup berbahaya, saat berkendara di jalan raya, motor akan terasa macet. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa dan menjaga posisi klem agar tetap dalam kondisi baik.

Caranya adalah dengan memutar ban depan sepeda motor. Kemudian perhatikan gerakan piston: jika gerakannya masih seirama dengan dial, yaitu tidak ada sentuhan atau gesekan, kaliper masih normal.

Sobat Enduro jangan lupa merawat rem motor kalian ya!

(PU)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET