admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Pengendara Motor Harus Memperhatikan Ini Saat Berada Di Lampu Lalu Lintas

Berada di posisi menuju pergantian lampu lalu lintas dari kuning menjadi merah seringkali dijadikan momen untuk menaikkan kecepatan berkendara pengemudi sepeda motor. Lamanya waktu pergantian lampu merah ke hijau atau banyaknya jumlah kendaraan lain di sekitar pengendara menjadi beberapa alasan pengendara yang akhirnya menerobos lampu lalu lintas. Lantas bagaimana seharusnya pengendara motor saat berada di lampu lalu lintas? Simak informasi berikut ini:

  1.     Berkendara dengan kecepatan rendah jika lampu lalu lintas error

Dikutip gridoto.com, terkadang pengendara tidak mengetahui bahwa lampu lalu lintas ternyata sedang rusak. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya pengendara tidak berada dalam kecepatan tinggi dan tetap pada jalur yang sudah semestinya (di sebelah kiri). Karena seringkali lampu lalu lintas yang error menjadikan pengendara dari berbagai arah tidak terkondisikan untuk mendahului mengendarai kendaraannya.

  1.     Turunkan kecepatan walaupun lampu hijau

Menurut Otomotif.kompas.com salah satu cara mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang efektif adalah menurunkan kecepatan lampu lalu lintas walaupun berwarna hijau. Hal ini dikarenakan kita tidak selalu tahu bahwa ada hal-hal yang terkadang terjadi secara tiba-tiba didepan, saat pengendara.

  1.     Pastikan situasi aman jika hendak menyebrang

Meskipun sudah ada lampu lalu lintas, tidak ada salahnya untuk tetap memperhatikan kanan-kiri saat berkendara di persimpangan. Pastikan situasi menyeberang aman terkendali. Karena kita tidak dapat mengendalikan pengendara dari arah lain, maka salah satu cara menentukan situasi aman adalah dengan mengendalikan diri sendiri saat hendak menyeberang dengan tidak mengandalkan lampu lalu lintas.

 

  1.     Posisikan kendaraan di jalur yang tepat

Disaat lampu berwarna merah yang berarti kendaraan harus berhenti, pastikan telah membaca tulisan yang menempel di lampu lalu lintas (kiri jalan terus, lurus jalan terus, atau kiri mengikuti lampu lalu lintas). Lalu posisikan kendaraan telah berada di jalur yang tepat. Apakah itu disebelah kiri atau kanan, agar tidak menghalangi pengendara lain yang juga tengah berkendara.

  1.     Tidak menghalangi penyeberang pejalan kaki

Saat berada di posisi lampu merah, pastikan kendaraan tidak berada di zebra cross, atau terlalu maju dari zebra cross. Pastikan kendaraan berada di belakang zebra cross agar penyebrang dapat menggunakan zebra cross untuk menyebrang dan menghindari kecelakaan.

  1.     Jaga jarak antar pengendara

Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini jangan lupa untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan meskipun saat berada dalam perjalanan. Yaitu jaga jarak saat lampu merah. Tidak berada pada posisi berdekatan dengan pemotor lain dapat menjadi salah satu langkah pencegahan.

Demikian sedikit tips yang perlu diperhatikan bagi pengendara motor saat berada di persimpangan yang memiliki lampu lalu lintas. Sudahkah Sobat Enduro menerapkan

(PU)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET