admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Nur Anisa: Dalam Berwirausaha, Kegagalan Adalah Keberhasilan Yang Tertunda

Memiliki Online Shop dengan pengikut hingga lebih dari 10 ribu bukanlah hal mudah. Nur Anisa atau yang kerap dipanggil Ica, kali ini menceritakan kisahnya untuk Sobat Enduro. Ica, wanita 21 tahun yang berdomisili di Cilacap ini sudah mencoba berbagai macam jenis usaha. Lalu bagaimana kisahnya? Simak cerita selengkapnya berikut ini:

Awal berjualan ketika duduk di bangku TK besar

Memulai usaha ternyata dilakukan Ica sejak usia sangat belia. Yaitu ketika ia duduk di banku TK besar. Ica mengaku mengawali usahanya dengan berjualan Binder “Karna teman teman saya sangat menyukai binder yang berwarna warni saya pun tidak mau ketinggalan dengan ikut membelinya. Saya diantar paman saya membeli binder 1 buku dan keesokannya dijual dengan eceran.. 1 buku binder tersebut habis dalam sehari dan di situ saya sangat menyukai kegiatan berjualan” jelas Ica.

Ica melanjutkan usaha ketika duduk di bangku SD dengan berjualan buku tulis murah, serta berjualan snack ketika berada di SMP. “Saya berjualan snack yang dibawa ke dalam kelas, karena kelas saya pada saat SMP di lantai 3, dan kantin yang sangat jauh sedangkan waktu istirahat hanya 15 menit snack yang saya bawa selalu habis terjual” tambah Ica.

Awal mula membuat instagram Ican.Official sempat menjual berbagai dagangan

Lumpia ikan tuna, samyang dan beberapa jajanan lain merupakan beberapa produk yang Ica jual di Instagram Ican.Official. Ica menggunakan Ican.Official ketika ia bersekolah di SMA. Ia juga menjelaskan berbagai barang yang dijual berubah-ubah sesuai kebutuhan teman-temannya saat di SMA. “Dari barang barang tersebut saya rasa mereka membutuhkan visualisasi berupa gambar.. sehingga saya memutuskan untuk membuat instagram sebagai foto produk atau katalog dari barang jualan saya. Untuk saat ini instagram tersebut saya gunakan untuk berjualan skincare, karena pada saat masuk kuliah yang kebetulan prodi saya adalah teknik mesin yang membuat banyak permasalahan kulit sehingga teman teman saya sangat senang dengan skincare tsb” pungkas Ica.

Sempat tertipu hingga modal habis

Kisah wirausaha Ica yang terlihat mulus nyatanya sempat mengalami kejadian tidak diinginkan ketika ia hendak berjualan Mie Samyang. Ia terkena penipuan oleh perusahaan importir yang mengaku menjual dengan harga miring. “Saya begitu terpukul karena modal yang saya kumpulkan dari keuntungan keuntungan sebelumnya habis. Namun saya kembali lagi berjualan mie tersebut dengan metode PRE-Order. Setelah kejadian tersebut saya mendapat beberapa pembelajaran yang sangat berharga yang menjadi pedoman saya saat ini. Salah satunya yaitu berhati hati dalam memilih rekan bisnis.” cerita Ica.

Keluar dari zona nyaman merupakan tantangan berwirausaha

Ica mengaku setiap hari banyak yang mengalami perubahan termasuk bisnis. “Cara mengatasi kesulitan dari perubahan yang berjalan setiap harinya menurut saya yaitu dengan memiliki rasa ingin belajar dan berkembang sehingga kita akan merasa tertantang dengan perubahan tersebut.” jelas Ica.

Lebih baik gagal karena sudah mencoba

Mengakhiri ceritanya mengenai usaha yang dimilikinya, Ica menyarankan kepada pengusaha pemula untuk tidak ragu untuk memulai usaha yang dimilikinya. “Bagi saya lebih baik gagal karena sudah mencoba daripada menyesal tidak pernah mencoba. Lagipula kegagalan tersebut bukanlah kegagalan yang mutlak, kegagalan tersebut hanya keberhasilan yang tertunda. Kegagalan tersebut menjadi pengalaman berharga untuk bekal yang membimbing keberhasilan di masa depan. Jadi jangan pernah ragu untuk memulai, walaupun hanya sebuah langkah kecil. Karena langkah kecil merupakan awal mula dari langkah yang besar.” tutup Ica.

Begitulah kisah dari Nur Anisa atau Ica mengenai usaha yang dimilikinya, sudahkah Sobat Enduro memulai berwirausaha?

 

  •     Instagram.com/ican.official
  •      Shopee: icanurns (https://shp.ee/v22jnkv)

 (PU)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET