admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Metode Pembelajaran “Service Learning” Membantu Siswa Memahami Entrepreneurship

Entrepreneurship adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pada era persainganglobal yang melanda dunia saat ini, eksistensi matapelajaran ini menjadi sangat penting.

Tujuan umum pembelajaran Entrepreneurship diSMK adalah untuk membekali siswa agar mampu hidup mandiri dan dapat menciptakan pekerjaan yang dapat menghasilkan pendapatan.

Tujuan umum pembelajaran Entrepreneurship tersebut jelas bahwa metode pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran sudah tentu tidak sekedar ceramah di mana guru terlalu aktif mendominasi pembicaraan di kelas.

Disamping itu, untuk membekali siswa agar mampu mengelola usaha mandiri tidak hanya dibutuhkan penguasaan terhadap pengetahuan, tetapi juga perubahan sikap dan keterampilan wirausaha yang memadai.

Enduro Home Service memiliki skema yang menerapkan salah satu metode belajar yakni Pengajaran Berbasis Layanan.

Pengajaran berbasis layanan (Service Learning) yaitu pengajaran yang mengkombinasikan metode pengajaran dengan jasa layanan masyarakat berbasis sekolah. Jadi metode ini menghubungkan pengalaman jasa layanan dengan pembelajaran akademis di sekolah. Metode pembelajaran ini didasari pemikiran bahwa semua kegiatan kehidupan dijiwai oleh kemampuan melayani. Karenanya sejak usia dini siswa dibiasakan melayani orang lain. Dalam praktikum Kewirausahaan siswa disarankan memberikan layanan yang baik agar dapat memuaskan konsumen, dsb.

Dalam praktek Enduro Home Service, untuk memberikan pelayanan yang memuaskan diawali dengan perencanaan. Melalui perencanaan tersebut maka tergambar karakteristik masing-masing target konsumennya, dan siswa pun membuat strategi komunikasi yang berbeda-beda. Melalui perencanaan pula maka siswa mempersiapkan dengan baik perlengkapan yang harus dibawa untuk melakukan home service.

Siswa pun memiliki data konsumen yang bisa dimanfaatkan untuk potensi bisnis selanjutnya. Siswa mempelajari potensi bisnis dari data usia, gender, pekerjaan, alamat, dan lainnya. Melalui praktek ini, ide siswa dapat berkembang tidak hanya di bidang otomotif saja. Enduro Home Service kelak memberikan bekal bagi siswa mengenai konsep-konsep Entrepreneurship di berbagai bidang layanan.

(ANA)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET