admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Ketahui Lima Kerusakan Ringan Pada Motor

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2017 menunjukan mencapai 138,56 juta unit. Sepeda motor mendominasi sebanyak 113,03 juta unit. Artinya, motor menjadi kendaraan yang paling digemari di Indonesia. Namun, apakah semua pemilik motor mengerti mengenai masalah ringan pada motor? 

 

Pada kenyataannya tidak demikian, tidak semua orang mengerti kerusakan ringan kendaraannya, menyebabkan sebagian orang menjadi khawatir hingga panik jika mengalami permasalahan ringan yang dialami pada motor. Lebih parah lagi, saat dibawa ke bengkel tidak tahu apa permasalahan pada motornya. Untuk itu pada artikel kali ini akan membahas mengenai kerusakan ringan yang sering terjadi pada motor khusus Sobat Enduro :

 

Motor susah di starter (dihidupkan)

Seringkali motor susah dinyalakan pada pagi hari, atau saat motor tidak digunakan berhari-hari. Menggunakan tombol starter bahkan kick starter tetap tidak menyala. Lalu ada apa sebenarnya dengan keadaan demikian?

Ada beberapa alasan mengapa motor susah dihidupkan seperti permasalahan pada aki, kurangnya bensin, hingga busi yang sudah seharusnya diganti. Untuk itu pengecekan terhadap sumber terjadinya kerusakan perlu diperhatikan, agar tidak salah sasaran saat memperbaiki.

Knalpot berasap

Asap yang dikeluarkan knalpot biasanya merupakan asap putih tipis kebiru-biruan yang sering kita jumpai pada motor. Asap muncul pada permasalahan yang terjadi akibat adanya permasalahan pada piston motor. Ring dan setang piston yang bermasalah menyebabkan oli masuk ke ruang pembakaran. Untuk mengatasinya komponen mesin perlu dibongkar untuk mengganti ring piston tersebut.

Suara mesin menjadi kasar

Mesin motor tidak terdengar seperti biasanya dan suaranya menjadi kasar juga merupakan permasalahan yang umumnya terjadi ketika kehabisan bensin. Namun apa yang terjadi jika ternyata bensin masih penuh? Itu menandakan motor sedang tidak dalam kendaraan baik.

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya mesin kasar diantaranya: pilot jet tersumbat, busi kotor, hingga api busi sudah terlalu kecil karena ada permasalahan busi atau permasalahan yang lainnya.

Setir tidak stabil

Motor terkadang mengalami ketidakseimbangan atau bergoyang saat dikendarai yang diakibatkan oleh tidak stabilnya kendaraan. Dan akan sangat terasa saat berkendara di atas dataran yang tidak rata ataupun menikung. Keadaan seperti ini umum diakibatkan adanya kerusakan pada bagian bearing motor.

Oli bocor

Adanya tetesan-tetesan oli seringkali muncul pada kendaraan bermotor. Perlu disadari bahwa ada sesuatu yang salah bila hal tersebut terjadi karena suspensi pada motor tidak dalam kondisi baik. Untuk itu harus segera diperbaiki, agar tidak menyebabkan oli menempel pada bagian motor yang lainnya.

Nah itu sebagian kerusakan yang sering terjadi pada motor loh Sobat Enduro. Jadi tidak usah khawatir dan bingung lagi ya apa yang harus diperhatikan ketika hal-hal tersebut terjadi pada Motor. Kalau Sobat Enduro biasanya mengalami kejadian yang mana? Yuk isi di kolom komentar.

 

(PU)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET