admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Mengapa Standar Samping Motor Selalu Ada Disebelah Kiri? Yuk Cari Tahu Jawabannya.

Standar samping motor selalu ada disebelah kiri sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia. Tanpa pikir panjang ketika kita hendak memarkir motor langsung menggunakan standar samping yang ada di samping, ataupun standar tengah. Lalu apakah tidak ada standar di sebelah kanan ya? Mengapa harus di sebelah kiri? Sobat Enduro juga pasti penasaran kan. Dikutip dari Kumparan.com berikut informasi selengkapnya:

Kebiasaan menaiki kuda di zaman dahulu.

Sebelum ditemukannya sepeda motor, orang-orang zaman dahulu bepergian dan beraktifitas menggunakan kuda. Diyakini inilah yang menjadi awal muncul ide standar berada di sebelah kiri. Peristiwa tersebut diawali dengan ditemukannya kendaraan roda dua yaitu sepeda terlebih dahulu.

Saat menaiki kuda, awal mula tolakan pasti berada dari sisi kiri. Lalu kaki kiri bertumpu pada pijakan pelana menjadi tumpuan saat menaiki kuda. Dari sini, awal mula perancangan sebuah komponen motor menjadi mutlak untuk menempatkan standar di sebelah kiri. Sehingga mengendarai motor pada jalur kanan atau kiri standar tetap di sebelah kiri.

Penemuan sepeda motor di benua Eropa.

Selain kebiasaan menggunakan kuda, penemuan motor di benua Eropa menularkan juga kebiasaan disana mengenai standar di sebelah kiri. Hal ini terjadi karena memudahkan penggunaan motor tanpa harus mengubah kebiasaan menaiki kendaraan dari sebelah kiri.

Faktor negara Inggris memakai lajur di sebelah kiri baik di negaranya dan negara jajahannya pun menjadi pengaruh tersebut. Kebiasaan tersebut dibawa hingga ke negara-negara lain. Selain itu, dulu Inggris juga merupakan salah satu negara yang memiliki pabrikan motor terbanyak dan terlaris.

Erat kaitannya dengan keselamatan berkendara.

Adapun pendapat lain menurut Senior instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI). Posisi standar di sebelah kiri erat kaitannya dengan keselamatan berkendara. Dalam penjelasannya, standar kiri membuat motor untuk memudahkan naik turun penggunanya. Selain itu, jika standar ada di sebelah kanan akan membahayakan  pengguna kendaraan karena ada lalu lintas yang terus berjalan.

Penjelasan dilanjutkan mengenai posisi standar di samping kiri juga berkaitan dengan bagian tubuh kanan yang lebih dominan dan kuat pada kebanyakan pengguna kendaraan. Alasan tersebut juga sejalan dengan aturan di Indonesia mengenai berkendara di jalur sebelah kiri. Sehingga banyak aktivitas yang sudah disesuaikan termasuk dalam pengoperasian sepeda motor.

Bukan berarti tak ada motor dengan standar samping di kanan. 

Namun tahukah Sobat Enduro bahwa ada loh motor yang memiliki standar di samping kanan. Meski pada umumnya motor memiliki standar di sebelah kiri, ternyata penggunaan motor dengan standar samping di kanan kerap dijumpai pada motor trail seperti Kawasaki Stockman, Suzuki DR200, dan Yamaha AG125. Namun, standar kanan tersebut juga merupakan suatu opsi karena ternyata tetap ada standar kirinya.

Nah kalau motor Sobat Enduro punya standar samping di sebelah mana?

(PU)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET