admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Marketing Mix di PT Pertamina Lubricants

Setelah mengenal strategi pemasaran 4 yaitu Product, Place, Price, Promotion, pada artikel ini Sobat Enduro akan mengetahui strategi marketing mix yang ada pada PT Pertamina Lubricants.

Di era modern seperti saat ini, PT Pertamina Lubricants memprioritaskan menggunakan strategi digital marketing sebagai alat untuk memasarkan produknya.

Dalam hal product, PT Pertamina Lubricants fokus terhadap produk pelumas untuk mobil-mobil pribadi atau berukuran menengah (Passenger Car Motor Oil/PCMO). Adapun PT Pertamina Lubricants memiliki sederet produk pelumas yang beragam, seperti Fastron, Enduro, PrimaXP, Fastron Eco Green, Meditran SX Bio, Mesran, dan Pertamina.

Sedangkan dalam hal price (harga), PT Pertamina Lubricatns memiliki strategi penetapan harga yaitu harga pelumas yang kompetitif, sedikit lebih rendah harganya dari produk-produk yang berasal dari perusahaan kompetitor seperti Shell, Castrol, Total, ENI, IP.

Kemudian ada indikator place sebagai cara menentukan lokasi strategis dalam melakukan penjualan.

Akhirnya, PT Pertamina juga melakukan promotion untuk semakin memperkenalkan produk mereka kepada konsumen yang belum mengetahui. Contohnya strategi promosi PT Pertamina Lubricants dalam menjangkau akses pasar pelumas Italia melalui kerjasama distributorship agreement dengan Indonaldini Group Swiss-SA adalah dengan meningkatkan brand awareness melalui alat transportasi yang digunakan oleh Indoaldini Group Swiss-SA, lalu iklan di berbagai media seperti majalah otomotif dan lainnya, ikut serta memasarkan produk di sebuah eksibisi dan juga penyebaran poster, produk tester, baliho dan lain sebagainya di Eropa.

Strategi dari PT Pertamina Lubricants juga menyelenggarakan sebuah perkumpulan antara penjual dan mekanik yang bertujuan untuk meningkatkan skill dan pengetahuan. Kemudian strategi lainnya adalah meningkatkan volume penjualan dengan cara pemberian promo serta menyelesaikan competitor equivalent table yang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk memantapkan strategi pemasaran produk pelumas PT Pertamina Lubricants Italia.

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET