admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Marketing Mix, Apa itu?

Marketing Mix merupakan salah satu elemen esensial dalam dunia bisnis. Para pebisnis pasti sudah tidak asing dengan istilah tersebut.

Konsep Marketing Mix pertama kali diperkenalkan oleh Neil Borden yang terinspirasi dari gagasan James Cullington pada pertengahan abad ke 20. Konsep pemasaran ini awalnya memiliki 4 elemen utama yang dikenal dengan istilah 4P yaitu Product, Price, Place dan Promotion.

Hal ini pasti memiliki benefit yang besar guna kelangsungan suatu usaha Sobat. 

Kalau usaha kamu bisa menerapkan konsep 4P itu, maka usaha kamu akan memperoleh beberapa benefit, yaitu:

– Memperkuat kelebihan sebuah usaha dan mengurangi kelemahan bisnis.

– Menjadi lebih kompetitif dan mudah beradaptasi dengan pasar.

– Mampu meningkatkan kolaborasi yang menguntungkan antara perusahaan dengan mitranya.

Pada dasarnya, konsep marketing ini akan membantu usaha Sobat Enduro dalam merencanakan strategi pemasarannya dengan tepat. Dengan demikian, suatu produk bisa diterima dengan baik oleh target market yang telah ditentukan.

Konsep Marketing Mix 4P

  1. Product (Produk)

Produk adalah sesuatu yang dapat dijual oleh Sobat Enduro baik itu berbentuk jasa, layanan, barang, atau produk digital. Saat mengembangkan sebuah produk, Sobat Enduro perlu memastikan terlebih dulu apakah produk tersebut diinginkan atau dibutuhkan oleh pasar atau tidak.

Selain itu, produk yang Sobat Enduro jual juga harus bisa memberi solusi untuk masalah yang dihadapi oleh target konsumen Sobat Enduro. Konsumen ingin mengganti oli kendaraan namun kondisi pandemi Covid-19 tidak memungkinkan bagi Sobat Enduro untuk keluar rumah. Sebagai solusinya, Sobat Enduro dapat menggunakan layanan Enduro Home Service yang bisa melayani ganti oli dari rumah.

  2. Price (Harga)

Price atau harga ialah biaya yang harus dikeluarkan oleh target konsumen untuk membeli atau memakai produk yang ditawarkan. Harga yang ditentukan tergantung dari nilai produk yang dapat dirasakan oleh konsumen. Ketika produk dengan harga rendah, maka produk bisa digunakan oleh lebih banyak kalangan, sedangkan harga yang lebih tinggi akan menarik pelanggan yang mencari eksklusivitas.

Pada dasarnya, harga yang ditetapkan harus lebih tinggi dari biaya produksi Sobat Enduro. Hal tersebut perlu diperhatikan karena konsep price ini akan menentukan keuntungan dan kelangsungan bisnis. Selain itu, harga yang ditentukan juga akan mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

 3. Place (Tempat)

Tempat mengacu pada lokasi dimana konsumen dapat menemukan, menggunakan, mengakses atau membeli produk yang tersedia. Selain berbentuk lokasi fisik seperti toko, kantor, pabrik, atau gudang, saat ini unsur place dapat berbentuk digital seperti marketplace, social media, website dan lain-lain.

Ketika menentukan lokasi, Sobat Enduro harus memikirkan dimana pelanggan berada. Jika Sobat Enduro menjualnya secara digital, maka pikirkan platform apa yang sering digunakan oleh target pelanggan Sobat Enduro.

 4. Promotion (Promosi)

Setelah menentukan product, price, dan place, sekarang saatnya menerapkan strategi promosi. Promotion merupakan cara untuk mempromosikan produk Sobat Enduro agar target market dapat terjangkau sehingga menghasilkan penjualan.

Dengan adanya perkembangan teknologi, Sobat Enduro dapat mempromosikan produk memanfaatkan media sosial, website, iklan pay per-click atau yang lain.

Bagaimana? Sudah sejauh mana strategi marketing yang Sobat Enduro terapkan, apakah sudah sesuai ekspektasi Sobat?

 

HD

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET