admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Kenapa menggunakan helm itu penting?

Apakah Sobat Enduro pernah bertanya mengapa dalam keseharian mengendarai sepeda motor, helm menjadi komponen penting? Seperti saat membeli motor, kita langsung mendapat helm. Atau saat ada polisi di tengah jalan langsung refleks apakah sudah menggunakan helm atau belum.

Dikutip dari TMC Polda Metro Jaya, peraturan tentang kewajiban menggunakan helm di Indonesia diatur dalam yaitu: 1. Pasal 291 ayat (1) jo pasal 106 ayat (8) tentang ‘Tidak menggunakan helm standar Nasional Indonesia’. 2. Pasal 291 ayat (2) jo pasal 106 ayat (8) tentang ‘Membiarkan Penumpangnya Tidak mengenakan Helm’.

Divisi humas polri dalam facebook fanpage menjelaskan ada dua alasan mengapa menggunakan helm menjadi penting dalam berkendara:

  1. Melindungi kepala

Kepala merupakan organ vital dari tubuh manusia. Melindungi kepala saat berkendara sangat dibutuhkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dan dapat mengurangi resiko luka agar tidak parah hingga resiko kematian.

  1. Melindungi mata

Berkendara sepeda motor juga memiliki resiko mata terkena debu ataupun terkena silau matahari. Selain itu resiko saat mengendarai motor ditengah hujan dapat menjadikan penglihatan buram, sehingga menggunakan helm merupakan salah satu solusi yang dibutuhkan.

Selain beberapa alasan tersebut, dikutip oto.detik.com ada beberapa penelitian menjelaskan mengenai betapa pentingnya menggunakan helm saat berkendara. Salah satunya penelitian Dr William Meehan, dari Micheli Centre for Sports Injury Prevention, Amerika Serikat, mendapatkan data bahwa negara dengan hukum tegas mengenai penggunaan helm memiliki tingkat lebih rendah dari kematian atau cedera setelah kecelakaan sepeda dan motor dibandingkan dengan negara yang tidak memiliki aturan tersebut. Sehingga pada pertemuan tahunan Pediatric Academic Societies di Washington DC juga mendukung bahwa efektivitas hukum dan aturan penggunaan helm wajib ditegakkan.

Sedangkan Dr Michael Dinh, pemimpin peneliti dari University of Sydney, dan timnya mengkaji data 348 pasien berusia 15 tahun ke atas yang dirawat di 7 rumah sakit. Tim menemukan pesepeda yang tidak menggunakan helm 5,5 kali lebih mungkin menderita cedera kepala berat dibandingkan pesepeda yang menggunakan helm. Sedangkan untuk pemotor, manfaat helm ditandai dengan penemuan data bahwa yang tidak menggunakan helm 3,5 kali lebih mungkin untuk menderita cedera kepala berat dibandingkan dengan pemotor yang tidak menggunakan helm.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pesepeda juga harus mulai menyadari pentingnya penggunaan helm, tidak hanya pemotor. Selain ketidakmauan dari pengendara itu sendiri, belum tegasnya hukum di negara untuk mewajibkan warganya menggunakan helm saat mengendarai motor dan sepeda seringkali menjadi faktor tambahan yang bisa diperhatikan.

Nah kira-kira seperti itu betapa pentingnya menggunakan helm saat berkendara, apakah Sobat Enduro sudah selalu menggunakan helm sebelumnya? Jika belum yuk gunakan helm baik saat perjalanan dekat maupun jauh ya.

 

(PU)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET