admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Hati-Hati Pengemudi Motor Tidak Boleh Bawa Barang Berlebihan!

Motor merupakan primadona kendaraan di Indonesia. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, motor juga dinilai cukup mudah dan fleksibel untuk digunakan. Musim akhir ramadan seperti saat ini, seringkali ditemukan pengendara sepeda motor membawa banyak penumpang, dan banyak barang. Budaya membawa hantaran kepada sanak-keluarga tidak dapat dihindarkan. Namun, apakah membawa barang menggunakan motor diperbolehkan?

Menurut otomotif.kompas.com peraturan mengenai pengendara motor yang membawa barang berlebih telah ada di Peraturan Pemerintah No. 74 tahun 2014 tentang Angkutan Jalan. Dan lebih spesifik untuk barang bawaan motor pada peraturannya merujuk ke Pasal 10 ayat (4) dan Pasal 11. Dalam peraturan tersebut Disebutkan, muatan pada motor tidak boleh melebihi lebar setang kemudi. Selain itu, barang muatan juga harus ditempatkan di belakang pengendara. Mengenai tinggi barang, barang muatan tidak boleh melebihi 90 cm atau kurang dari satu meter dari atas tempat duduk pengemudi. Supaya tidak mengganggu pengendalian motor.

Peraturan tersebut bukan tanpa alasan, mengendarai motor dengan beban berlebih dapat membahayakan diri pengendara, penumpang, dan bahkan motor itu sendiri. Bagi pengendara, motor akan sulit untuk melakukan manuver karena beban yang berlebih, akan sulit untuk dikendalikan. Barang berlebih yang melebihi tinggi dari pengendara, juga dapat menimbulkan blind spot pengendara yang semakin besar yang dapat mengakibatkan kecelakaan. Selain pengendara, motor juga dapat mengalami bahaya jika membawa beban terlalu berat. Terutama pada bagian suspensi. Suspensi akan sulit memantul dan dapat patah yang mengakibatkan berkurangnya kenyamanan berkendara. suspensi dapat menjadi rusak karena adanya overheat kendaraan yang berpotensi merusak mesin.

Oleh karena itu jika pengendara akan membawa barang banyak paling tidak ingatlah beberapa catatan berikut

1. Barang tidak melebihi stang

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara saat berbelok dan bergerak, barang tidak menutupi stang adalah hal yang utama.

2. Barang tidak sangat berat

Jika ingin membawa barang banyak perhatikan ban motor ataupun suspensi. Jika motor kehilangan angin ban, ataupun suspensi terlalu rendah, dapat dipastikan kelebihan muatan.

3. Tidak menutupi lampu sein

Lampu sein adalah salah satu komponen terpenting dalam motor, memastikan lampu sein tetap menyala ketika berbelok adalah suatu keharusan.

4. Tidak lebih tinggi dari pengemudi

Membawa banyak barang juga tidak boleh melebihi tinggi pengemudi, yang dapat mempertinggi terjadinya resiko kecelakaan.

5. Ikatlah dengan kuat

Ikat dengan tali atau rafia adalah suatu keharusan jika ingin membawa barang agar tidak jatuh di perjalanan


Nah demikian sedikit ulasan mengenai berkendara dengan membawa barang banyak, nah Sobat Enduro sudah pernah membawa barang banyak belum ya ketika berkendara?

(PU)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET