admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Fungsi Pelumas Selain Sebagai Oli Mesin

Salah satu instruktur praktek Enduro Home Service adalah tim dari ILMA (Integrated Lubrications Management Academy), sekolah tentang kepelumasan satu-satunya di Indonesia bertempat di Jakarta.  Materi yang diberikan adalah Product Knowledge tentang pelumas.

Pembekalan dasar dalam materi yang disampaikan adalah fungsi pelumas sebagai oli mesin. Pelumas atau yang biasa disebut oli mesin memang memiliki fungsi sebagai pelumas mesin. Tujuan utama pelumas adalah untuk mengurangi gesekan yang terjadi pada saat mesin kendaraan bekerja. Namun fungsi pelumas tidak hanya untuk melumasi mesin, meskipun itu adalah fungsi yang paling penting. Berikut fungsi lain dari pelumas selain sebagai oli mesin:

  1. Mencegah karat

Mengapa perlu melindungi mesin dari karat? Singkatnya, jika mesin berkarat maka mesin akan bekerja lebih keras karena ruang yang dibutuhkan untuk bekerja semakin sempit. Selain itu, karat sendiri merupakan zat perusak, jika dibiarkan berkembang akan merusak mesin.

  1. Menjaga kebersihan mesin

Oli atau oli pelumas juga memiliki fungsi untuk menjaga kebersihan mesin. Fungsi oli yang digunakan untuk fungsi ini adalah menghilangkan debu atau residu yang dihasilkan oleh gesekan mesin agar tidak menumpuk di dalam mesin. Selama Anda mengganti oli secara teratur dan tidak pernah terlambat, Anda dapat yakin tidak ada akumulasi residu. Tentu saja, residu masih akan muncul, tetapi jumlah yang sangat kecil tidak akan mempengaruhi pengoperasian mesin kendaraan Anda.

  1. Menjadikan suara mesin lebih lembut

Saat Anda mengemudi, saat Anda mendengar suara keras atau aneh, ini mungkin menunjukkan bahwa oli yang Anda gunakan tidak berfungsi dengan benar. Oli yang masih bagus bertanggung jawab untuk melapisi bagian-bagian mesin kendaraan agar suara mesin menjadi lebih lembut.

  1. Mengurangi jarak celah mesin

Pada mesin, oli yang Anda gunakan juga bisa menutup celah antara silinder dan piston sehingga mengurangi kemungkinan kebocoran kompresi. Selain itu, tekanan pembakaran juga akan berkurang karena lapisan oli dapat mempersempit celah udara yang tercipta antara piston dan silinder.

  1. Menjaga mesin tetap dingin

Ketika mesin bekerja pada sweet spotnya, mesin akan menghasilkan panas yang cukup tinggi. Tentu saja panas ini harus dikurangi dan dialirkan ke komponen lain untuk menghindari malfungsi. Di sini, oli bertindak sebagai pembawa suhu tinggi dan pelapis bagian-bagian mesin untuk menjaga kestabilannya. Ini tidak berarti bahwa tidak akan ada suhu tinggi, tetapi oli menjaga suhu mesin tetap optimal, sehingga memaksimalkan tenaga yang dihasilkan.

Untuk mendalami teknologi, informasi, dan produk pelumas Anda bisa pelajari dalam kelas “Pelumas” berupa modul Enduro Home Service yang lengkap sebagaimana kurikulum yang disiapkan oleh ILMA.

(PU)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET