Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Enduro Tapal Batas

Tahukah Sobat Enduro bahwa daerah 3T atau Terdepan, Terluar, dan Tertinggal di Indonesia juga memiliki program yang dicanangkan oleh PT Pertamina Lubricants? Program tersebut Bernama Enduro Tapal Batas, yakni program pemberdayaan UMKM bengkel di wilayah 3T, salah satunya di perbatasan Sebatik Utara, Nunukan, Kalimantan Utara.

Program disahkan pada November 2021 yaitu satu tahun lalu. Dan kini, program semakin berjalan dengan semangat tinggi oleh Sobat Enduro. Dilansir dari laman resmi PT Pertamina Lubricants, beberapa waktu lalu tepatnya pada tgl 17 – 25 Oktober 2022, PTPL bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Nunukan untuk memberikan pelatihan selama 7 hari dan diikuti oleh 5 orang anggota karang taruna yang memiliki minat dan bakat yang tinggi di bidang otomotif.

Sebelumnya pada tahun 2021, PTPL telah memberikan bantuan kepada bengkel UMKM karang taruna yakni bengkel “Faris Bengkel” dan “Aqila Bengkel” dengan dukungan pelumas, wearpack, rak penjualan pelumas, branding bengkel Enduro Express dan bantuan pendampingan bisnis. Pada tahun 2022 ini, PTPL fokus untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemuda karang taruna di bidang otomotif.

Untuk memaksimalkan pelatihan yang diberikan dari BLK, peserta akan diberikan kesempatan magang di 2 bengkel mitra binaan PTPL selama 14 hari kedepan. Dengan pemagangan tersebut, seluruh peserta dapat belajar banyak hal mengenai teknis otomotif dan bagaimana cara mengelola usaha perbengkelan di bengkel secara langsung.

Rencana lanjutan dari program ini adalah pendirian usaha rintisan bengkel atas nama Karang Taruna Sei Pancang. Melalui bengkel tersebut, harapannya mampu menjadi wadah bagi karang taruna untuk meningkatkan kemampuan anggotanya baik secara sosial maupun ekonomi. Enduro Tapal Batas merupakan program pemberdayaan UMKM bengkel di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal).

Program Enduro Tapal Batas sejalan dengan komitmen Pertamina Go Collaborative yakni membangun kolaborasi di lingkungan internal dan eksternal, serta turut berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8 yaitu “Pekerjaan Layak” dan “Pertumbuhan Ekonomi”.

Nah ternyata Sobat Enduro tersebar dimana-mana ya. Kalau Sobat Enduro yang sedang membaca artikel ini berasal dari mana? Yuk jawab di kolom komentar.

(PU)

 

Leave a Reply