admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Enduro Home Service, Belajar Entrepreneurship Makin Mudah

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan suatu bentuk pendidikan formal yang bertujuan menciptakan lulusan dengan keterampilan kerja pada bidang tertentu. Lulusan SMK disiapkan agar dapat langsung bekerja atau membuat usaha mandiri dengan berwirausaha. 

Pembelajaran entrepreneurship merupakan salah satu usaha untuk mewujudkan tujuan keterampilan berwirausaha. Pembelajaran entrepreneurship diperoleh siswa melalui mata pelajaran kewirausahaan serta praktik kerja lapangan. Situasi pandemi menjadi rintangan terhadap segala jenis pembelajaran, termasuk pembelajaran entrepreneurship. Pembelajaran entrepreneurship di SMK terhambat karena pemberlakuan proses belajar daring.

Pada Oktober lalu, PT Pertamina Lubricants telah meluncurkan aplikasi Enduro Home Service. Aplikasi ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk terus memberikan platform belajar mengajar entrepreneurship bagi guru dan siswa. Aplikasi ini membawa proses pembelajaran entrepreneurship ke media digital.

“Menghadirkan aplikasi digital Enduro Home Service ini merupakan komitmen kami untuk terus memberikan platform belajar mengajar kewirausahaan bagi guru dan siswa. Peran guru menjadi vital dan tentu memiliki tujuan besar bagi kemajuan bangsa ini. Mereka adalah pahlawan bangsa. Kami bangga bisa menjadi bagian dari kemajuan guru serta bidang pendidikan di Indonesia secara menyeluruh,” tutur Anugrah Saputra, Manager Production Unit Cilacap.

Demi mewujudkan pembelajaran yang efektif melalui aplikasi Enduro Home Service, Pertamina Lubricants memberikan pelatihan kepada para guru SMK. Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan para guru dalam mengoptimalkan penggunaan fitur pada aplikasi. Fitur aplikasi tersebut meliputi Ruang Belajar, tempat guru dan siswa berinteraksi melalui modul belajar dan Ruang Bengkel, tempat kegiatan transaksi bengkel sekolah berlangsung. Output dari pelatihan aplikasi ini adalah kesiapan guru menggunakan serta membimbing siswa dalam penggunaan aplikasi Enduro Home Service.

“Aplikasi Enduro Home Service sangat bagus dalam membantu SMK khususnya guru dan siswa dalam mengembangkan pembelajaran Wirausaha dengan menggunakan aplikasi online. Meskipun begitu, beberapa aspek dalam aplikasi masih perlu dikembangkan,” ungkap Sulasdi, guru otomotif SMK Negeri Nusawungu.

Pembelajaran entrepreneurship memiliki kontribusi tinggi terhadap minat siswa untuk  berwirausaha. Untuk itu, PT Pertamina Lubricants berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan aplikasi Enduro Home Service agar dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran entrepreneurship bagi guru dan siswa SMK. 

(AN)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET