admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Bisnis Fajar Hudoyo: Berinovasi dengan Kearifan Lokal

Data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dikutip dari finance.detik.com  menunjukan banyaknya usaha kuliner di Indonesia pada 2018 mencapai 5,55 juta unit atau 67,66% dari jumlah keseluruhan 8,20 juta usaha ekonomi kreatif. Usaha kuliner merupakan usaha yang menjanjikan dengan pertumbuhan 9,82 % selama 7 tahun terakhir. Fajar Hudoyo, salah satu pemuda pelaku usaha kuliner dari Semarang misalnya. Meski baru berusia 22 tahun, Fajar memulai usaha Martabak Mantan yang digelutinya semenjak 19 Juli 2018. Bagaimana kisah selengkapnya?

Mencoba Tantangan Berwirausaha

Fajar mengaku berwirausaha awalnya merupakan cara untuk menjadi pribadi mandiri dan mencoba tantangan saat kuliah. “Ternyata makin mencoba makin termotivasi, seperti bisa membuka lapangan pekerjaan, juga bisa memberi insight dan contoh teman-teman lain untuk memulai wirausaha.” 

Mengangkat Nilai Kearifan Lokal

Martabak Mantan diakui oleh Fajar berbeda dengan martabak-martabak lain karena mengangkat nilai kearifan lokal produknya. Dengan menjadikan ketan hitam sebagai toping, hingga inovasi seperti makanan tradisional lain menjadi bahan olahan martabak. “Selain itu, juga dikemas dengan konsep kekinian agar dekat dengan segmen pasar yaitu milenial dan mengikuti jaman.” tambah Fajar.

Kesiapan Mental

Meski memiliki omzet kurang lebih 30-40 juta rupiah setiap bulannya, Fajar mengaku menjadi wirausahawan juga harus siap mental. “Namanya usaha pasti penjualan naik turun, selalu ada tantangan jadi harus siap mental, manajemen waktu harus sedikit ekstra karena kesibukan dan fokus bertambah,” ungkapnya. Meski demikian, Fajar mengaku senang bisa menyediakan lapangan pekerjaan untuk orang lain, bisa mandiri dan selalu meningkatkan kualitas diri, hingga menambah banyak relasi.

Saran untuk Menjadi Wirausahawan Muda

Fajar berbagi setidaknya ada 5 tips untuk menjadi wirausahawan muda seperti dirinya yaitu:

  1. Niat, lalu dijabarkan detail setiap step dan langkah yang akan dilakukan
  2. Doa restu orang tua dan lingkungan sekitar
  3. Punya mentor
  4. Lakukan dengan mindset yang positif dalam menghadapi semua tantangan bisnis
  5. Sedekah dan berbagi

Demikian cerita Fajar dibalik kisah wirausaha Martabak Mantan, sudahkah Sobat Enduro siap mengikuti jejaknya?

Nama: Fajar Hudoyo
Instagram: Martabakmantan.id
Facebook: Martabak Mantan

(PU)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET