admin@endurohomeservice.com
Kawasan Industri Jl. Mt.Haryono Cilacap
Cs. 0857 7053 8636

Antusiasme Siswa dalam Kunjungan Industri di Production Unit Cilacap

Guru dan siswa SMK Negeri 2 Cilacap pada tahun 2019 berkunjung ke Production Unit Cilacap (PUC) , dimana lokasi pelumas Pertamina berkualitas global diproduksi. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pembekalan Enduro Home Service.

Kunjungan industri ini diawali dengan safety briefing oleh tim HSSE untuk memastikan para peserta menggunakan Alat Pelindung Diri sebelum masuk pabrik. Safety briefing dipandu oleh Agoes Poernomo, Supervisor HSSE  dan kegiatan dibuka oleh Manager Production Unit Cilacap, Fathun Najib. Adapun tim yang mendampingi kunjungan pabrik adalah Abdurrahman Panigoran (Fungsi Filling), Naufa Helmi (Fungsi Blending), Badar Anggawijaya (Fungsi Lithos), dan Rona Trisnaningtyas (Laboratorium). Siswa yang hadir sejumlah 105 orang dibagi 2 sesi kunjungan.

 

 

Para peserta mulai memasuki lingkungan pabrik, dimulai dari Quality Control dimana menjadi tempat uji kemasan pelumas, Material Warehouse, lokasi penyimpanan kemasan pelumas dan material lainnya, berlanjut ke lokasi Blending. Di sinilah para peserta mengetahui bagaimana proses “blending” atau mencampur zat aditif dan minyak menjadi pelumas. Di PUC terdapat 11 tangki oil blending.

Melalui kunjungan ini pula para guru dan siswa mengetahui bahwa tiap tahapan proses melalui quality control yang ketat. Inilah yang menjadikan produk pelumas Pertamina menjadi produk pelumas unggul kebanggaan nasional. Adapun kapasitas dari Lube Blending Oil Plant (LOBP) di Cilacap mencapai 85.000 KL per tahun.

Produksi pelumas di Cilacap dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan industri dan otomotif di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. Selain untuk memenuhi kebutuhan di wilayah Jawa Tengah, produk pelumas dari Cilacap untuk membantu memenuhi kebutuhan di wilayah Region I sampai III dan V sampai VII (Wilayah timur dan barat), apabila ada permintaan untuk memenuhi kebutuhan pasar bagi keperluan sektor industri dan otomotif.

Setidaknya ada beberapa varian pelumas yang diproduksi di Production Unit Cilacap, yakni Pelumas mesin 4T (Enduro 4T 20 W 50), Pelumas mesin 2T (Mesrania 2T Enviro, Mesrania 2 TOB, dan Mesrania 2T Super), Pelumas diesel tugas berat (Meditran SX 15 W 40, Meditran SC 15 W 40, Meditran S4.Series), Pelumas transmisi & roda gigi ( Rored EPA 90 & 140 , Rored HAD 90 & 140), Pelumas roda gigi industry & hidrolik (Turalik series), Pelumas diesel lokomotif (Diloka) dan Pelumas transmisi dan hidrolik alat berat (Gandar Series). Pada Oktober 2017, PT Pertamina Lubricants akan menghasilkan produk baru berupa cairan pendingin (coolant) untuk kendaraan otomotif

Melalui kunjungan industri tersebut, Pertamina Lubricants berbagi tentang nilai-nilai perusahaan yang dapat diadopsi oleh generasi muda kelak saat memasuki dunia kerja maupun berwirausaha, diantaranya kompeten, adaptif, dan kolaboratif. Kompeten artinya terus belajar mengembangkan kapabiltas, adaptif ialah terus berinovasi dan antusias  menggerakkan atau menghadapi perubahan. Selanjutnya adalah kolaboratif, yakni membangun kerjasama dan sinergi. Nilai kolaboratif contohnya ditunjukkan pada program perusahaan dan sekolah menengah kejuruan dalam hal memajukan entrepreneurship dalam praktek Enduro Home Service. (ANA)

Leave a Reply

Translate »
DAFTAR
LOGIN
Home
PRAKTEK
TARGET